MomMeWorld Persalinan News Feed
Updated: Thu, 13 Dec 2012 22:55:29 GMT | By MomMeWorld Persalinan News Feed

Melahirkan Normal Setelah Caesar



Melahirkan Normal Setelah Caesar

Saya sebelumnya melahirkan dengan caesar Saat ini saya hamil lagi dan berencana melahirkan dengan cara normal, amankah melahirkan normal setelah caesar?

Melahirkan secara normal menjadi dambaan bagi banyak ibu hamil. Jika pernah melahirkan secara normal tentunya menjadi kebanggaan tersendiri karena pernah mengalami perjuangan berat untuk melahirkan si buah hati tercinta. Nah, aman tidaknya melahirkan normal setelah caesar atau Vaginal Birth After Cesarean (VBAC) sebenarnya tergantung kondisi Moms.

Dahulu, dokter dan bidan secara rutin mendorong ibu hamil yang sebelumnya pernah menjalani caesar untuk melahirkan dengan normal. Tetapi, kemudian muncul hasil penelitian yang memperingatkan akan resiko-resiko jika VBAC dilakukan. Resiko-resiko tersebut yaitu rahim robek atau bekas irisan caesar robek. Akhirnya para praktisi dan ibu hamil meragukan VBAC.

Tapi tahukah Moms meskipun dahulu ada penelitian tentang resiko VBAC, secara statistik saat ini ternyata peluang Moms untuk melahirkan normal setelah caesar masih cukup bagus lho. Lebih dari 60% ibu hamil yang sebelumnya menjalani caesar, dapat menjalani persalinan normal dengan lancar dan selamat. Bahkan wanita yang pernah menjalani caesar sebanyak 2 kali pun tetap memiliki peluang yang bagus untuk melahirkan secara normal selama dilakukan tindakan pencegahan.

Resiko-resiko seperti rahim robek atau bekas irisan caesar robek berpeluang hanya terjadi sebanyak 1%. Ditambah lagi, resiko-resiko tersebut berpeluang tinggi terjadi hanya jika ibu hamil berada pada kondisi tertentu, misalnya persalinan yang membutuhkan induksi dengan stimulasi hormonal dan memiliki bekas irisan membujur. Untuk Moms ketahui, 95% irisan caesar dilakukan melintang dengan posisi agak ke bawah yang mana minim resiko saat dilakukan VBAC. Nah, Moms jika ingin melakukan VBAC memang tak ada salahnya, tapi sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan. Beberapa rumah sakit memberlakukan aturan ketat untuk VBAC. Bahkan ada pula yang tidak memperbolehkan VBAC dilakukan.

Jika pada akhirnya persalinan Moms membutuhkan induksi atau dalam kondisi tertentu, kemungkinan dokter atau bidan tidak akan memperbolehkan VBAC. Moms tak perlu kecewa dan merasa bersalah jika harus menjalani caesar lagi. Apa yang dokter atau bidan pertimbangkan adalah yang terbaik untuk Moms dan si buah hati. Pada akhirnya, keselamatan Moms dan si buah hati adalah yang terpenting, bukan begitu Moms?

0Komentar
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft