Wed, 25 Jul 2012 15:09:29 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Tidur Dengan Lampu Menyala Bisa Sebabkan Depresi

Para peneliti di Ohio State University, Amerika Serikat, menemukan resiko depresi pada orang-orang yang terlalu banyak terkena cahaya di waktu menjelang tidur.


Tidur Dengan Lampu Menyala Bisa Sebabkan Depresi

TERBIASA tidur dengan nlampu menyala? Sebaiknya Anda mulai waspada karena kebiasaan yang satu ini memiliki resiko tersendiri.

Para peneliti di Ohio State University, Amerika Serikat, menemukan resiko depresi pada orang-orang yang terlalu banyak terkena cahaya di waktu menjelang tidur.

Cahaya ini bisa berasal dari lampu kamar maupun televisi yang menyala. Tubuh yang selalu menerima cahaya dapat menyebabkan perubahan pada otak dan gejala depresi.

Kesimpulan ini diambil setelah serangkaian eksperimen yang diujicobakan pada hamster. Selama empat minggu, beberapa ekor hamster dibiarkan tidur di dalam kandang yang dipasangi lampu. Besarnya cahaya disesuaikan dengan cahaya televisi yang menyala di ruangan gelap.

Dari hasil tes menunjukkan, hamster yang terpapar cahaya di malam hari cenderung kekurangan energi dan malas bergerak. Hamster-hamster ini juga menunjukkann gejala depresi, seperti malas mengonsumsi air gula yang biasanya lahap disantap.

Para peneliti kemudian mencopot lampu di kandang dan hamster pun kembali pada siklus gelap dan terang selama dua pekan. Hasilnya, hewan lucu ini pun kembali aktif bergerak seperti biasanya.

Eksperimen ini membuktikan, hamster yang tidur di kandang yang terang akan memproduksi molekul sistem imun di dalam otak yang disebut TNF. Molekul ini berkaitan dengan adanya peradangan pada otak. Peradangan yang kronis mampu memicu depresi dan berkurangnya aktivitas tubuh.

Peneliti menuturkan, walau eksperimen ini diujicobakan pada hewan, bukan tidak mungkin hasilnya juga akan sama jika diterapkan pada manusia.

“Hasil yang kami dapat pada hamster berkaitan dengan depresi pada manusia,” ujar Tracy Bedrosian, anggota tim riset, seperti diberitakan Daily Mail, Selasa (24/7).

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out