Mon, 24 May 2010 04:58:34 GMT | By Editor --, tabloidbintang.com

Rio de Janeiro, Kota Karnaval Yang Menawan

Rio de Janeiro adalah kota yang terletak di negara bagian (provinsi) yang juga bernama Rio de Janeiro. Letaknya di Brasil bagian tenggara ini. Memiliki luas sekitar 1256 km2.


Rio de Janeiro, Kota Karnaval Yang Menawan

BANYAK yang salah kaprah menganggap bahwa kota ini adalah ibukota negara Brasil. Popularitas dan kemajuannya dalam segala hal membuat banyak orang lebih mengenal Rio de Janeiro ketimbang kota Brasilia, ibukota negara yang sudah lima kali menjadi juara dunia sepakbola itu.

Rio de Janeiro adalah kota yang terletak di negara bagian (provinsi) yang juga bernama Rio de Janeiro. Letaknya di Brasil bagian tenggara ini. Memiliki luas sekitar 1256 km2.

Datang ke Rio tak akan berkesan bila melewatkan salah satu karnaval terbesar dunia. Perayaan yang berlangsung selama 4 hari ini biasa terjadi di bulan Februari, saat cuaca sedang panas-panasnya. Terik matahari tidak menghalangi sekitar 730.000 turis asing dari Eropa dan Amerika Serikat terbang ke Rio de Janeiro untuk merasakan ‘panas’nya festival tahunan.

Anda akan menyaksikan seluruh kota seolah terhenti dan larut dalam pesta kostum, musik, nyanyian dan dansa yang dimulai dari pesta dansa legendaris (Magic Ball) di Copacabana Palace Hotel, parade samba dan street bands.

PANTAI WAJIB KUNJUNGUsai berkarnaval, nikmati cuaca hangat Rio sambil bersantai di bibir pantai yang paling terkenal di dunia. Salah satunya Pantai Copacabana, berada di area Selatan Rio de Janeiro. Hamparan pasir putih sepanjang 4 km, Pantai Copacabana didatangi ribuan orang untuk berjemur, bermain ombak, bersepeda dan jogging.

Anda bisa memesan minuman dan makanan tradisional Brazil di resto dan beach bar mungil yang ada. Hiburan terkadang datang dari sekelompok atlet Capoeira yang unjuk kebolehan di trotoar Capocabana.

Daya tarik Pantai Copacabana menjadi magnet wisatawan lokal dan mancanegara. Pergantian tahun menjadi momen yang spektakuler di pantai ini. Rod Stewart pernah menggelar konser musik di pantai ini dan menyedot 3,5 juta penonton. Grup band rock legendaris Rolling Stones juga menarik 1,3 juta penonton di 2006 lalu. Fantastis!

Pernah mendengar lagu The Girls From Ipanema? Pantai Ipanema dikenal ekslusif. Masuk dalam salah satu daftar the sexiest beach in the world oleh Travel Channel, Ipanema dikunjungi peselancar dan pecinta matahari yang ingin menjajal olahraga air. Saat musim dingin, ombak bisa mencapai ketinggian 9 meter. Pantai Ipanema juga memperlihatkan dua gunung yang bernama Dois Irmaos (dua bersaudara) di ujung barat pantai. Setiap Minggu, jalan yang mengarah ke Pantai Ipanema ditutup dan hanya dibuka khusus pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Pantai Leblon, berada tepat di jantung Rio dengan panorama pasir putih dan keindahan perbukitan. Keluarga yang datang bisa mengajak si kecil bermain di Baixo Baby, tempat bermain anak yang dilengkapi peralatan bermain. Supermodel Giselle Bundchen dan Naomi Campbell kerap terlihat mengunjungi pantai ini.

Ingin sekedar kongkow sambil menikmati birunya laut, ada kafe, penginapan mewah Marina Palace Hotel, toko buku dan restoran yang berada di sekitar pantai. Menjelang malam, matahari tenggelam memancarkan semburat cahaya yang eksotis. Membius siapapun yang menikmati keindahannya.

PATUNG KRISTUS PENEBUSPesona Rio de Janeiro juga terpahat dalam Patung Kristus Penebus, landmark yang menjadi salah satu Tujuh Keajaiban Dunia pada 7 Juli 2007 ini. Patung simbol umat Kristiani setinggi 39.6 meter ini berdiri megah di puncak Gunung Corcovado, di dalam Taman Nasional Hutan Tijuca Corcovado. Taman Nasional ini berjarak sekitar 15 menit dari Pantai Copacabana.

Perjalanan menuju puncak bisa ditempuh menggunakan taksi atau trem dalam waktu 20 menit. Tiket trem seharga 36 Real Brazil atau setara dengan 24 Dollar AS (Rp.220.800 dengan kurs 1 Dollar = Rp.9.200) ini untuk perjalanan PP.

Tiba di pemberhentian trem, pengunjung ditawarkan untuk naik slift dengan antrean panjang yang bisa menghabiskan waktu 45 menit, atau mendaki sekitar 223 anak tangga.

Perjalanan Anda tak kan sia-sia. Dari ketinggian 710 meter di atas permukaan laut, Anda bisa memandang kota dan pantai di Rio. Di sebelah kanan ada Danau Lagoa Rodrigo de Freitas dikelilingi bangunan apartemen berwarna putih. Tengok kiri, mata menatap stadion terbesar dunia, Estadio do Maracana. Gunung Sugarloaf serta Pantai Copacabana dan Ipanema terlihat memukau dari sini.

HOW TO GET THEREPerjalanan menuju Brazil bisa menempuh rute penerbangan Jakarta – Singapura – Rio de Jainero, dengan waktu perjalanan kurang lebih 25 jam.

Setibanya di Sao Paulo, lanjutkan perjalanan menuju Rio de Janeiro menggunakan bis jarak jauh antarkota-internasional di Stasiun Tiete. Bis berangkat setiap 30 menit sekali. Harga tiket untuk perjalanan selama 6 jam ini 12 Dollar AS atau sekitar Rp.120.000. Siapkan kamera, charger dan ipod agar perjalanan lebih menyenangkan.

ACCOMODATIONTidak perlu bingung mencari penginapan di Rio de Janeiro. Penginapan budgeted sampai super mewah tersedia. Budget travelers bisa memilih Regina Hotel yang berjarak 5 menit dari pusat kota Rio de Janeiro. Keindahan Pantai Copacabana, Ipanema dan Leblon hanya sejauh 15 menit dari hotel bintang 3 ini. Harga per malam dimulai dari 98 Dollar AS atau sekitar Rp 980.000. Sudah termasuk sarapan pagi, room service, ruangan bebas asap rokok, fasilitas bagi penyandang cacat, kamar AC, internet tanpa kabel gratis, laundry dan parkir pribadi.

Bila ingin merasakan rekreasi a la jet set, Copacabana Palace Hotel menjadi pilihan terbaik. Hotel bintang 5 yang dikelola Orient Express ini berada tepat di seberang Pantai Copacabana, menjadi hotel mewah pertama di Amerika Selatan. Hotel yang pernah menyambut keluarga kerajaan Inggris, Roger Moore hingga Paris Hilton ini membuka harga mulai dari 525 Dollar AS hingga 825 Dollar AS per malam. Fasilitas prima tersedia, mulai dari transportasi bandara, sarapan pagi, wifi, surat kabar, spa, hingga tur kota.

Dian Nuryana/URBAN Style

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out