Mon, 16 Jul 2012 08:50:59 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Plus-Minus Makan Tahu Tofu

Makanan yang terbuat dari kedelai ini dapat diolah menjadi beraneka resep masakan. Mulai dari ditumis, sampai disajikan bersama sayur berkuah.


Plus-Minus Makan Tahu Tofu

TOFU atau tahu sutera memiliki tekstur yang lebih lembut dari tahu pada umumnya. Makanan yang terbuat dari kedelai ini dapat diolah menjadi beraneka resep masakan. Mulai dari ditumis, sampai disajikan bersama sayur berkuah.

Walau rasanya lezat, Anda perlu mewaspadai resikonya bagi kesehatan. Berikut di antaranya.

(-) Gangguan pencernaan

Walau tidak menyebabkan alergi, namun bagi sebagian orang kacang kedelai bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Bahan kacang kedelai pada tofu mengandung purine yang bisa menyebabkan diare dan perut kembung.

(-) Menurunkan kinerja otak

Dalam riset yang diadakan pada responden asal Amerika Serikat dan Jepang yang berusia paruh baya, terbukti adanya bahaya tofu terhadap kinerja otak. Di antaranya dapat melemahkan daya ingat dan membuat cepat lupa. Selain itu, tofu juga dapat mempercepat penuaan dini.

Tapi Anda tak perlu kuatir, tofu juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan.

(+) Kaya protein

Dalam seporsi tofu terdapat kalsium, zat besi, dan vitamin B dalam kadar yang cukuptinggi. Saat digoreng, proteinnya tidak berkurang, dan hanya mengandung 77 kalori.

(+) Menghindari kanker

Penelitian lainnya menyebutkan, makan tofu dapat menghindarkan Anda dari resiko kanker. Orang-orang yang gemar melahap tofu terbukti memiliki resiko rendah terhadap beberapa jenis kanker.

dari Berbagai Sumber

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out