Thu, 26 Apr 2012 23:21:43 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Menopause Lebih Awal Beresiko Osteoporosis

Resiko osteoporosis menghantui para wanita yang mengalami menopause sebelum usia 47 tahun, tanpa adanya gangguan kesehatan apapun, seperti kanker.


Menopause Lebih Awal Beresiko Osteoporosis

MALMO Perimenopausal Study menemukan, wanita yang memasuki masa menopause lebih awal cenderung beresiko mengidap osteoporosis di kemudian hari.

Studi ini menemukan, resiko osteoporosis menghantui para wanita yang mengalami menopause sebelum usia 47 tahun, tanpa adanya gangguan kesehatan apapun, seperti kanker.

Dengan resiko osteoporosis, mereka akan mengalami gangguan tulang di usia lanjut. Adanya resiko osteoporosis disebabkan oleh menurunnya hormon oestrogen saat menopause.

Berkurangnya oestrogen berarti berkurang pula proteksi terhadap penyakit jantung dan penipisan tulang.

Temuan ini didapat dari sebuah studi yang dimulai di tahun 1977, saat 390 wanita Eropa berusia 48 tahun diikutsertakan dalam penelitian Malmo Perimenopausal Study.

Para responden dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu yang sudah menopause sebelum usia 47 tahun dan yang belum memasuki masa menopause.

Tiga dekade kemudian, hasil studi ini dievaluasi. 92 responden telah wafat dan 100 orang telah pindah alamat atau menolak diteliti kembali dalam riset ini.

Sedangkan 198 lainnya menjalani pengukuran ketahanan mineral dalam tulangnya, sebagai tindak lanjut dalam penelitian ini.

Hasilnya menunjukkan, di usia 77 tahun sebanyak 56% responden yang mengalami menopause sebelum usia 47 tahun tercatat mengidap osteoporosis.

Sedangkan untuk kelompok responden yang mengalami menopause di atas usia 47 tahun hanya 30% saja yang mengidap osteoporosis.

“Hasil penelitian ini menunjukkan, menopause lebih awal memicu timbulnya faktor penyebab osteoporosis dan keretakan tulang,” ungkap Ola Svejme dari Skane University Hospital, Malmo, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (24/4).

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out