Sat, 14 Jul 2012 14:19:32 GMT | By Editor Wida Kriswanti, tabloidbintang.com

Hipogonadisme Pada Anak Laki-laki: Penyebab dan Cara Mengatasi

Hipogonadisme terbagi dua jenis: hipogonadisme primer dan hipogonadisme sekunder.


Hipogonadisme Pada Anak Laki-laki: Penyebab dan Cara Mengatasi

Hipogonadisme terbagi dua jenis: hipogonadisme primer dan hipogonadisme sekunder. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Hipogonadisme primer merupakan kegagalan fungsi testis yang berasal dari masalah dalam testis. Sementara hipogonadisme sekunder berasal dari masalah pada hipotalamus atau kelenjar hipofisis (bagian otak yang memberi sinyal kepada testis agar memproduksi testosteron).

Ada banyak penyebab hipogonadisme. Pada yang jenis primer, penyebabnya antara lain karena sindrom klinefelter -- suatu kelainan bawaan ketika ada dua atau lebih kromosom X pada laki-laki yang seharusnya hanya memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y, testis yang tidak turun sebelum lahir, infeksi gondok saat remaja, hemochromatosis besi yang terlalu banyak dalam darah, cedera pada testis, dan pengobatan kanker.

Sedangkan penyebab hipogonadisme sekunder yaitu sindrom Kallmann -- perkembangan abnormal dari hipotalamus, gangguan hipofisi, inflamasi penyakit, HIV/AIDS, obat-obatan, obesitas, dan faktor umur. “Diabetes dengan lingkar pinggang besar juga dapat memengaruhi hormon testosteron,” imbuh dokter Pradana.

Mengobati hipogonadisme bisa berupa terapi testosteron yang mampu mengembalikan fungsi seksual dan kekuatan otot serta mencegah osteoporosis pada laki-laki dewasa, juga merangsang pubertas dan perkembangan karakteristik seks sekunder kepada anak laki-laki.

Selain itu ada pula injeksi testosteron ke dalam otot setiap dua minggu dan memberikan patch (tambalan) yang mengandung testosteron pada bagian punggung, perut, lengan atas atau paha, serta pemberian gel testosteron ke kulit perut bagian bawah dan lengan atas atau bahu.

Akan tetapi, karena penyebab hipogonadisme ada yang berasal dari gaya hidup tidak sehat, ada cara lain untuk mengatasi atau mencegahnya datang. Antara lain:

(wida/adm)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out