Sun, 22 Apr 2012 09:59:50 GMT | By Editor Wayan Diananto, tabloidbintang.com

Claudia Kaunang Mengajarkan Jalan-jalan ke Luar Negeri dengan Murah Meriah

Mau jalan-jalan ke luar negeri dengan biaya dalam negeri? Mari belajar dari pakarnya.


Claudia Kaunang Mengajarkan Jalan-jalan ke Luar Negeri dengan Murah Meriah

“Piknik ke luar negeri, yuk?” Ajakan seperti ini biasanya ditanggapi dengan alasan klasik, “Aku tak punya banyak duit.” Benarkah piknik ke luar negeri itu mahal? Tidak, kalau tahu caranya. Yuk belajar dari Claudia.

Ke luar negeri, tidak semahal yang Anda bayangkan. Untuk ke Eropa, tidak harus merogoh ribuan dolar AS. Ke Negeri Sakura, tidak perlu dana 3.000 dolar AS (sekitar 27 juta rupiah). Kalau mau menjadi traveler independen, Anda bisa memangkas biaya hingga 75 persen. “Saya baru saja keliling Jepang dengan 2.5 juta rupiah, lho. Itu termasuk ongkos menginap dan tiket pesawat berangkat pulang," beri tahu Claudia, pekan lalu. Yang perlu Anda lakukan: mengubah pola pikir. Menginap tidak harus di hotel bintang lima.

Carilah guest house atau hostel. “Di Jepang, ada hostel atau guest house yang biayanya per kepala hanya Rp 100 ribu,” Claudia menukas. Mau seminggu di Jepang, Anda hanya mengucurkan dana 700 ribu rupiah untuk menginap. Biaya itu termasuk sarapan, heater untuk menangkal cuaca dingin, AC untuk menghalau hawa panas, dan kamar mandi bersih.

Bicara soal traveling irit, Claudia pakarnya. Ia mengingatkan agar mengombinasikan dua hal selama bertamasya, jalan kaki dan memakai transportasi umum. Jalan kaki menyehatkan badan. Jalan kaki memungkinkan Anda bisa menangkap banyak pemandangan indah lebih detail. “Kalau mau berfoto, bisa bangeeet. Enggak mungkin Anda naik taksi lalu minta berhenti untuk berfoto. Di Singapura misalnya, tempat jalan kakinya keren dan udaranya segar. Kalau mau piknik ke Korea tanpa jalan kaki, bisa. Naik subway hanya Rp 8.000 dari lokasi A ke B, padahal jaraknya 10 km. Murah, kok,” sambungnya.

Bagaimana dengan tiket? Carilah tiket promosi. Promosi harga tiket ke Korea, sekitar 1 juta rupiah PP. Kalau masih ragu, silakan senggol Claudia di Twitter. Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini siap sumbang saran. Sejak kecil Claudia selalu diajak ke luar negeri. Ibunya sering mengajak diskusi. “Kami putar otak, gimana caranya dengan uang minim, sekeluarga bisa ke Negeri Singa. Kami menginap berempat dalam satu kamar, itu siasatnya. Kebiasaan mengakali bujet berlanjut sampai sekarang," kenang Claudia yang menjual buku traveling hingga 50.000 eksemplar.

Kesalahan umum orang-orang yang mau piknik ke luar negeri, perencanaan yang tidak cermat. Keuangan, akomodasi, dan berapa titik yang mau dilewati perlu disiapkan jauh-jauh hari. Januari, misalnya, Anda mendapat tiket ke Kuala Lumpur Rp. 178 ribu, berangkat Agustus. "Kesalahan yang sering terjadi, setelah dapat tiket, tidak berbuat apa-apa. Setelah dapat tiket, seharusnya menabung," katanya." Saya ada untuk membantu para first-timer," ungkapnya. Itu sebabnya Claudia menulis beberapa buku panduan wisata hemat.

Selama ini, buku traveling selalu membahas perjalanan pergi ke luar negeri, bertemu siapa saja, pergi ke mana saja, dan dapat apa. Claudia berusaha membahas bagaimana supaya bisa sampai di sana? Berapa harga yang harus dibayar? Orang Indonesia perlu solusi.

Hasrat Claudia menularkan virus jalan-jalan hemat tidak sebatas menggelar lapak konsultasi di akun Twitter atau menerbitkan buku. Sekali setahun, ia mengadakan trip bareng sekaligus memberikan bukti bahwa apa yang ditulisnya bukan omong kosong. Jalan-jalan 6 hari ke Korea dengan uang 3 juta bukan lagi cerita pengantar tidur. Itu nyata di zaman ini!

Tahun ini, Claudia akan memberi trip keliling Eropa ke enam negara selama dua minggu hanya dengan 12 juta. Ini hasil pengalamannya Oktober tahun lalu melancong ke Jerman, Prancis, Italia, Swiss, Belgia, dan Belanda. "Di awal tahun carilah tiket promosi seharga 700 sampai 800 dola AS. Tahun lalu saya mendapat itu, lalu ke Eropa sampai dua pekan. Asal ada niat,pasti ada jalan," katanya.

"Saya lakukan ini agar semua orang bisa ke luar negeri." Jadi, sudah siap jalan-jalan murah ke luar negeri?

(wyn/yb)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out