Mon, 23 Jul 2012 12:00:28 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Buka Puasa dengan Kolak Pisang? Ini Manfaat Pisang untuk Kesehatan!

Tak hanya lezat disantap, kolak pisang juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.


Buka Puasa dengan Kolak Pisang? Ini Manfaat Pisang untuk Kesehatan!

KOLAK pisang menjadi salah satu penganan favorit berbuka puasa di Indonesia. Jenisnya pun beraneka ragam, sesuai dengan tradisi daerah masing-masing.

Tak hanya lezat disantap, kolak pisang juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kaya nutrisiDalam sebuah pisang yang panjangnya 7 inch dan berat 126 gram, terdapat 400 miligram potassium (10% dari takaran yang disarankan), 14,8 gram gula, dan 1 gram protein. Selain itu juga mengandung Vitamin C sebanyak 16% dari kebutuhan sehari-hari, sedangkan Vitamin B6 sebesa 20% dari yang disarankan.

2. Baik untuk jantung dan syarafKandungan potassium dalam pisang amat baik untuk kesehatan jantung dan syaraf. Potassium berguna untuk menjaga gerak otot dalam berbagai kinerja organ tubuh, seperti memompa jantung dan proses pencernaan. Penelitian dari American Heart Association menyebutkan, kurang asupan potassium dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan resiko stroke meningkat.

3. Kesehatan ginjal dan tulangLagi-lagi, khasiat yang satu berkat kandungan potassium dalam pisang. Potassium bermanfaat menekan pembuangan protein lewat urin, sehingga meminimalisir resiko terbentuknya batu ginjal. Pembuangan protein yang terus ditekan juga mampu meminimalisir hilangnya kalsium dalam tubuh yang bias menyebabkan osteoporosis. Fakta ini diutarakan dalam penelitian oleh University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat.

4. Memperbaiki moodAnda sedang bad mood? Mengonsumsi pisang bisa mendorong Anda agar tetap ceria. Pisang mengandung tryptophan, zat yang membantu pembentukan serotonin, hormon yang memberi efek menenangkan dalam otak.

5. Kaya seratSatu buah pisang memiliki serat sebanyak 16% dari total kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat atau fiber berfungsi untuk melancarkan pencernaan, serta mengurangi resiko jantung coroner dan diabetes.

dari Berbagai Sumber

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out