Sun, 27 May 2012 17:37:58 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Berakhir Pekan di Kampoeng Tempo Doeloe

Untuk tahun ini, KTD mengangkat tema Oude Batavia yang menggabungkan sensasi menyantap kudapan ala nusantara dengan suasana vintage dari zaman kolonial.


Berakhir Pekan di Kampoeng Tempo Doeloe

WISATA kuliner menjadi salah satu opsi yang banyak dipilih untuk menghabiskan akhir pekan.

Mencicipi koleksi menu yang langka didapat akan menambah serunya akhir pekan Anda.

Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) menjadi salah satu ajang kuliner tahunan yang menyediakan beragam menu khas nusantara. Acara tahunan yang kini telah memasuki kali ke-9 itu diramaikan oleh Kampoeng Tempo Doeloe (KTD), program kuliner yang menyuguhkan sajian kuliner klasik khas tanah air.

Untuk tahun ini, KTD mengangkat tema Oude Batavia yang menggabungkan sensasi menyantap kudapan ala nusantara dengan suasana vintage dari zaman kolonial.

Suasana era Batavia tempo dulu ditampilkan dalam setting kios mungil yang ditata apik bak rumah-rumah negeri Kincir Angin.

Begitu juga dengan panggung utama yang dibuat menyerupai bangunan pemerintahan jaman penjajahan, dengan tulisan Gouvernoor Kantoor di bagian atasnya. Di panggung ini, para pengunjung dapat menikmati berbagai hiburan, mulai dari topeng monyet hingga layar tancep yang memutar film-film klasik.

Jika Anda mengunjungi KTD, jangan kaget jika Anda melihat sejumlah pria berpakaian ala tentara jaman kolonial wara-wiri sambil memakai helm dan membawa senapan. Mereka petugas KTD yang siap memandu para pengunjung di acara ini.

Untuk transaksi, Anda juga tidak diperbolehkan untuk membeli makanan dan minuman yang tersedia di sini dengan mata uang Rupiah. Anda harus menukarkan uang terlebih dulu dengan mata uang khusus KTD yang dicetak senilai 1 Gulden yang setara dengan Rp.1000, 10 Gulden setara dengan Rp.10.000, dan seterusnya.

Keberadaan KTD sebagai agenda tahunan dengan konsep yang cukup unik memberi kepuasan tersendiri bagi para partisipan yang turut menjajakan kuliner olahannya di ajang ini. Hal ini dituturkan Dudi, salah seorang penjual makanan di KTD. Dudi mengaku, omzetnya bertambah hingga dua kali lipat dari hari biasa.

“Setiap hari pengunjung sangat ramai, terutama di malam hari dan Sabtu-Minggu, sangat membludak,” ujarnya saat ditemui Minggu (27/5).

Berbagai jenis makanan yang dijajakan di antaranya kerak telor, nasi kucing, es goyang, hingga kue-kue jajanan pasar, seperti onde-onde dan cakwe. Sayangnya, pengunjung yang membludak membuat Anda perlu usaha ekstra untuk mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

Kampoeng Tempo Doeloe diselenggarakan di La Piazza, Mall Kelapa Gading, Jakarta, pada 12 Mei hingga 3 Juni mendatang.

Yuk, berburu hidangan asli nusantara, tinggal satu minggu lagi!

(rere/ade)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out