Mon, 05 Mar 2012 22:04:20 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Mercedes-Benz Luncurkan Mobil Tembus Pandang

Para teknisi melapisi mobil Mercedes-Benz dengan karpet berteknologi kamuflase optis.


Mercedes-Benz Luncurkan Mobil Tembus Pandang

TERINSPIRASI dari jaket tembus pandang dalam film Harry Potter, Mercedes-Benz baru-baru ini melakukan uji coba terhadap mobil transparan kreasi terbarunya.

Para teknisi melapisi mobil Mercedes-Benz dengan karpet berteknologi kamuflase optis.

Karpet yang dilengkapi layar LED ini melapisi satu sisi mobil, sedangkan di sisi lainnya ditempeli kamera digital SLR yang berfungsi mengambil gambar untuk dipantulkan ke layar LED di karpet.

Gambar yang dipantulkan terlihat seolah-olah permukaan mobil tembus pandang dan orang-orang dapat melihat apa yang ada di balik mobil.

Seperti dibeoritakan Daily Mail, teknologi ini dirintis para ilmuwan di University of Tokyo. Cara kerjanya hampir sama dengan layar biru yang digunakan dalam tayangan televisi dan proses pembuatan film.

Mercedes-Benz mengadakan tur keliling Jerman untuk memperkenalkan temuan ini. Tak sedikit orang yang terkejut melihat empat ban mobil menggelinding di bawah rangka mobil yang tembus pandang.

Sayangnya, tak sedikit pula yang pesimis akan kesuksesan teknologi ini. Dikuatirkan, keberadaan mobil tembus pandang dapat meningkatkan angka kecelakaan karena penyeberang jalan akan kesulitan melihat mobil yang lewat. Mobil ini juga dikhawatirkan akan dimanfaatkan orang-orang yang tidak ingin membayar biaya parkir.

Teknologi mobil tembus pandang ini juga sebagai promosi mobil terbaru Mercedes-Benz seri F-Cell yang diprodeksi dengan tenaga hydrogen dan listrik yang ramah lingkungan. Mobil ini dapat dikendarai hingga 250 mil dalam satu kali isi ulang.

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out