Wed, 15 Feb 2012 02:00:06 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Memahami Arti Soulmate dari Berbagai Versi

Istilah soulmate seringkali digunakan untuk merujuk pada seseorang yang telah ditakdirkan untuk bersama. Soulmate pun terkadang diartikan sebagai jodoh, seseorang yang telah digariskan untuk menjadi pendamping hidup.


Memahami Arti Soulmate dari Berbagai Versi

ISTILAH soulmate seringkali digunakan untuk merujuk pada seseorang yang telah ditakdirkan untuk bersama. Soulmate pun terkadang diartikan sebagai jodoh, seseorang yang telah digariskan untuk menjadi pendamping hidup.

Namun apa sebenarnya arti soulmate dan bagaimana sejarah terciptanya istilah ini?

Dalam tulisannya, The Symposium, Plato mengisahkan tentang asal-muasal soulmate yang datang dari era Yunani Kuno.

Pada zaman dahulu, manusia diciptakan dengan empat tangan, empat kaki, dan satu kepala yang memiliki dua wajah. Dengan fisik seperti ini, manusia memiliki kekuatan dua kali lipat.

Kuatir manusia akan berbuat semena-mena, dewa Zeus mengutuk mereka dan membelah tubuh manusia menjadi dua.

Sosok manusia baru –dengan dua tangan, dua kaki dan dua wajah- akan menghabiskan seumur hidupnya untuk mencari belahan jiwa dan tubuhnya yang lain.

Teori lain mengenai soulmate juga diusung para penggiat ilmu Theosophy. Seperti dikisahkan psikolog Amerika, Edgar Cayce, di jaman dulu Tuhan menciptakan manusia dengan sifat androgyny alias bersifat maskulin sekaligus feminin.

Dengan sifat ini, banyak manusia yang berbuat onar di muka bumi, sehingga Tuhan murka dan memisahkan jiwa mereka menjadi laki-laki dan perempuan. Untuk membalas karma, manusia harus mencari belahan jiwanya yang terpisah agar jiwanya kembali utuh.

Dalam legenda Mesir, sejarah soulmate muncul dari kisah dewa Osiris dan Isis. Dewa Osiris dan Isis dilahirkan sebagai saudara kembar yang saling jatuh cinta sejak dalam kandungan hingga mereka dewasa.

Sayangnya, kisah cinta sedarah yang mereka jalani tidak berjalan mulus karena Osiris dibunuh oleh Set, kakak mereka yang terbakar api cemburu. Jiwa Osiris kemudian merasuk ke dalam tubuh Isis dan menghasilkan janin yang nantinya menjadi dewa Horus.

Karena kesal akan percintaan kedua adiknya yang tidak terpisahkan oleh kemudian, Set memotong tubuh adiknya hingga 14 bagian. Istilah soulmate muncul karena terinspirasi perjuangan Osiris dan Isis yang menyatukan kembali ke-14 bagian tubuh mereka hingga hidup mereka kembali utuh.

Dalam bahasa Ibrani, soulmate disebut sebagai ‘bashert’ yang berarti takdir. Istilah ini tidak hanya merujuk pada seseorang yang ditakdirkan sebagai jodoh, namun juga ramalan peristiwa penting yang akan terjadi di masa depan.

Maka, jika seorang Yahudi mengaku sedang mencari ‘bashert’, itu berarti dia sedang mencari seseorang yang akan mencintai dan dicintai seutuhnya sampai akhir hayat.

Nah, bagaimana definisi soulmate menurut Anda?

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out