Wed, 30 Nov 2011 00:59:21 GMT | By Editor --, tabloidbintang.com

Pentingnya Membiasakan Membersihkan Tangan

Cuci tangan atau membersihkan tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah untuk mencegah penyebaran penyakit


Pentingnya Membiasakan Membersihkan Tangan

Cuci tangan atau membersihkan tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah untuk mencegah penyebaran penyakit.

Karena tangan seringkali menjadi perantara untuk berbagai bakteri masuk ke dalam tubuh.

Mengapa Harus Cuci Tangan?Banyak alasan mengapa Anda perlu sering mencuci tangan. Rekan kerja Anda sedang menderita flu, lalu menutup hidungnya dengan tangan saat bersin, kemudian memegang handle pintu, saat Anda memegang handle pintu yang sama, bakteri flu dapat segera berpindah ke tangan Anda dan apabila Anda memegang hidung atau mulut, kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh. Itulah gambaran betapa mudahnya kuman penyakit berpindah dari satu orang ke orang lain. Penyakit seperti diare, cacingan, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), TBC bahkan penyakit yang mematikan seperti SARS, flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1) dapat dicegah dengan mencuci tangan. Sayangnya, kesadaran untuk melakukan kebiasaan sehat ini masih kurang bahkan sering mengganggapnya tidak penting. Padahal dengan membiasakan mencuci tangan dengan baik, kesehatan Anda dan keluarga akan terjaga.

Kapan Saat Anda Mencuci Tangan?Mencuci tangan umumnya dilakukan saat sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, sebelum dan setelah menyentuh orang sakit, sesudah menggunakan kamar mandi, setelah batuk atau bersin, setelah mengganti popok atau pembalut, sebelum dan setelah mengobati luka, setelah membersihkan atau membuang sampah, setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan. Namun semakin rutin Anda mencuci tangan, akan semakin baik.

Kebiasaan mencuci tangan ini juga sebaiknya sudah diajarkan kepada anak-anak. Karena masa anak-anak adalah masanya bereksplorasi, sehingga tangannya banyak menyentuh segala sesuatu yang belum terjamin kebersihannya. Belum lagi ketika memasukkan tangannya ke dalam mulut, bisa menimbulkan penyakit seperti diare yang berbahaya.

Cuci Tanganlah Dengan Benar!Penting untuk melakukan cuci tangan dengan cara yang benar, karena jika asal-asalan kuman tidak hilang dengan sempurna. Untuk kepraktisan dan membersihkan dengan cepat, instant hand antiseptic sangat membantu untuk membersihkan tangan Anda dan keluarga. Bawa selalu gel pembersih tangan atau instant hand antiseptic yang merupakan safety first.

Gel pembersih tangan atau instant hand antiseptic ini bisa membunuh kuman yang tidak mempan oleh air sabun. Dengan kondisi darurat pun cairan instant hand antiseptic ini sangat ampuh menjadi penolong agar kebersihan tangan Anda dan keluarga terjaga sementara waktu karena ketiadaan air. Gel pembersih tangan atau instant hand antiseptic sangat mudah menggunakannya, cukup tuang sedikit ke telapak tangan, lalu usapkan kedua telapak tangan sampai kering. Tidak hanya membunuh kuman, tapi juga melembabkan dan memberi aroma segar pada tangan Anda dan anak-anak. Pilih instant hand antiseptic yang berbentuk gel bening yang kaya akan moisturizer. Gel beningnya mencerminkan kemurnian (bebas zat pewarna) yang membebaskan tangan dari ancaman kuman, sekaligus melembutkan kulit tangan anak-anak Anda. Gel pembersih tangan atau instant hand antiseptic, bisa dibawa kemanan saja, tidak perlu air, sabun atau handuk. Jangan lupa bawa selalu di saku, tas, dan mobil pada saat Anda bepergian.

Tak ada salahnya menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan baik Anda dan keluarga. Pentingnya menjaga kesehatan dimulai dari hal kecil seperti mencuci tangan.

{jcomments off}

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out