Mon, 16 Jul 2012 11:59:14 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

7 Persiapan Menjelang Puasa (Bag. 4)

Ada aturan-aturan tertentu yang perlu diperhatikan agar berolahraga tidak mengganggu kelancaran berpuasa.


7 Persiapan Menjelang Puasa (© Bag. 4)

Persiapan #4: Berolahraga. Berpuasa bukan berarti Anda absen berolahraga.

Olahraga saat berpuasa penting untuk dilakukan agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Tentunya ada aturan-aturan tertentu yang perlu diperhatikan agar berolahraga tidak mengganggu kelancaran berpuasa.

1. Olahraga menjelang berbuka

Geser jadwal olahraga Anda yang semula di pagi hari menjadi sore hari menjelang berbuka. Isi waktu ngabuburit dengan jogging santai atau melakukan olahraga ringan lainnya selama 15-30 menit. Saat berolahraga, tubuh membutuhkan cairan lebih banyak. Berolahraga mendekati waktu berbuka puasa membuat Anda tak perlu menunggu lama untuk mengganti cairan dalam tubuh.

2. Olahraga ringan

Pilih olahraga yang ringan dan tidak melelahkan. Bersepeda, berjalan kaki, hingga yoga, dapat Anda pilih untuk berolahraga di bulan puasa.

3. Kurangi durasi

Saat berpuasa, Anda disarankan untuk mengurangi porsi olahraga sampai 50%. Jika biasanya Anda jogging sambil keliling lapangan sampai 5 putaran, Anda dapat menguranginya sampai 2 putaran.

4. Pemanasan

Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum berolahraga agar terhindar dari cedera dan nyeri otot. Begitu juga dengan pendinginan setelah berolahraga.

5. Jaga konsumsi vitamin dan nutrisi

Lengkapi menu sahur dan berbuka dengan vitamin, protein, dan kalsium. Konsumsi segelas susu hangat saat sahur dan berbuka puasa dengan jus jeruk dapat membuat tubuh tetap segar bugar.

Bersambung

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out