Tue, 11 Dec 2012 09:05:53 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

7 Cara Usir Kantuk di Pagi Hari

Ingin bangun pagi dengan pikiran segar dan mengusir kantuk jauh-jauh? Ikuti beberapa tips berikut ini. Don't touch the snooze button and start your day!


7 Cara Usir Kantuk di Pagi Hari

BANGUN tidur di pagi hari, duh, rasanya malas minta ampun! Alarm berbunyi beberapa kali, tapi lagi-lagi dimatikan dan sukses tidur kembali. Bangun kesiangan pun sudah bukan hal aneh.

Ingin bangun pagi dengan pikiran segar dan mengusir kantuk jauh-jauh? Ikuti beberapa tips berikut ini. Don't touch the snooze button and start your day!

1. Pilih musik lembut sebagai alarm

"Kriiiiiiing...!!"Seperti itu bunyi alarm Anda? Wajar saja jika Anda sering merasa lemas di pagi hari. Bunyi alarm yang melengking dan membuat kaget hanya akan membuat tubuh tersentak, pusing kepala, dan jantung berdetak lebih kencang. Keputusan untuk kembali menarik selimut pun akan diambil hanya dalam hitungan detik. Yah, setidaknya untuk menghilangkan rasa kaget.

Untuk mencegahnya, cobalah mengganti bunyi alarm dengan musik yang lembut dan renyah di telinga. Musik instrumen yang diselingi bunyi kicauan burung, misalnya, akan membuat pagi hari terasa lebih segar seperti tertidur di padang rumput yang indah.

2. Memilih tempat meletakkan alarm

Posisi Anda menyimpan alarm pun akan menentukan apakah Anda akan bangun kesiangan atau tidak. Hindari menaruh alarm di jarak yang mudah terjangkau oleh tangan, seperti di samping atau di atas kepala. Simpan alarm di tempat yang mengharuskan Anda untuk bergerak jika ingin mematikannya.

Jika Anda tipikal gadget-freak yang selalu menggenggam smartphone sampai tertidur, sebaiknya jangan memilih ponsel sebagai alarm. Saat alarm berbunyi, Anda akan sangat mudah mematikannya kemudian kembali tidur, sama seperti saat Anda mengecek ponsel dalam kondisi masih setengah sadar.

3. Bangun perlahan

Gerakan bangun tidur pun ada aturannya tersendiri. Bayangkan, jika Anda bangun pagi dengan tergesa-gesa, bangkit dari tempat tidur dalam hitungan detik, kepala akan terasa pusing dan mata berkunang-kunang, bukan? Inilah sebabnya ada istilah "mengumpulkan nyawa" saat bangun tidur. Saat bangun tidur, Anda perlu mengumpulkan kesadaran terlebih dulu.

Caranya, saat Anda bangun, miringkan tubuh ke samping, tahan 5-10 detik, lalu perlahan-lahan duduk, tahan lagi 5-10 detik, baru kemudian berdiri. Saat berdiri, kembali tahan 5-10 sebelum bergerak. Lanjutkan dengan peregangan otot ringan.

4. Meregangkan otot

Setelah tubuh sadar penuh, lakukan gerakan peregangan otot. Taruh kedua tangan di pinggng, gerakkan kepala ke atas dan bawah, lalu ke kiri dan kanan. Gerakkan bahu ke depan dan belakang, putar leher ke atas dan bawah, lalu melompat perlahan beberapa kali saat tubuh terasa segar.

5. Mandi dengan air dingin

Malas mandi karena airnya dingin? Justru suhu dinginlah yang sanggup mengusir rasa kantuk jauh-jauh. Untuk mencegah masuk angin, awali rutinitas mandi dengan menyiram bagian kaki terlebih dulu, lalu naik ke perut, dada, tangan, dan akhiri dengan menyiram bagian kepala. Rasa dingin pun tidak terlalu menusuk badan, namun tetap terasa segar.

6. Sarapan

Walau sekedar roti dioles selai atau nasi uduk dan tempe mendoan, sarapan menjadi jam makan yang paling penting dalam sehari penuh. Makanan yang disantap di pagi hari akan menjadi bahan bakar untuk memproduksi energi yang bermanfaat dalam aktivitas sehari-hari. Lengkapi menu sarapan dengan segelas susu segar atau jus jeruk yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

7. Mengatur jam tidur

Selalu tidur dan bangun di jam yang sama akan membuat ritme biologis Anda berjalan secara teratur. Jika dibiasakan, Anda pun dapat bangun pagi tanpa perlu lagi menyalakan alarm. Selain itu, jam tidur yang cukup dan teratur setiap harinya, juga dapat menjaga kebugaran tubuh, karena tubuh memiliki banyak watu untuk beristirahat.

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita hang out