okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 11 Feb 2013 12:10:31 GMT | By fyulianti, okezone.com

Wah, Ada Kebun Binatang di Tengah Kota Bogor!



Wah, Ada Kebun Binatang di Tengah Kota Bogor!

MUNGKIN banyak yang tidak tahu, di tengah-tengah Kota Bogor terdapat sebuah kebun binatang. Anehnya, hewan di kebun binatang ini hanya bisa terdiam membisu, tidak bergerak seperti layaknya makhluk hidup.

"Kebun Binatang" yang dimaksud adalah Museum Zoologi, museum yang berada di dalam Kebun Raya Bogor. Eits, biarpun museum, hewan-hewan koleksinya tak kalah ramai dengan yang ada di kebun binatang!

Museum Zoologi memiliki 650 jenis hewan mamalia, 1.100 spesies burung, 600 reptil dan ikan, 700 invertebrata, 10 ribu serangga, dan 2.300 jenis moluska. Semua hewan-hewan ini menghuni Museum Zoologi dengan cara diawetkan ataupun berbentuk kerangka.

Saat memasuki Museum Zoologi, Anda akan disambut suasana sunyi senyap, kecuali bila Anda mengunjunginya di akhir pekan. Memasuki ruangan pertama pameran, udara dingin khas Bogor akan merebak, ditambah dengan pandangan kosong dari hewan-hewan yang ada di balik kaca, membuat bulu kuduk sedikit merinding!

Ruangan dalam museum, yang dulunya merupakan sebuah laboratorium Zoologi, memang tidak banyak. Namun, Anda tidak akan ketinggalan satu informasi pun mengenai hewan-hewan koleksinya. Semua ditampilkan mendetail dan jelas.

Dekat pintu keluar museum, Anda akan disambut dengan paus biru berukuran raksasa. Paus ini tampil dalam bentuk kerangka asli, diambil dari mayat paus yang terdampar di Priangan Selatan pada Desember 1916. Ukuran tulangnya yang sangat besar akan membuat Anda ternganga saat melihatnya.

Museum Zoologi tidak jauh dari gerbang utama Kebun Raya Bogor. Saat masuk dari gerbang utama, Anda tinggal mengarahkan jalan ke belokan kiri pertama dari jalanan itu. Berjalan lurus sekira 500 meter, Anda akan segera melihat Museum Zoologi, meski letaknya agak di belakang beberapa bangunan.

Museum Zoologi buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Masuknya gratis, karena sudah termasuk dalam tiket Kebun Raya Bogor sebesar Rp9.500 per orang.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...