okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 21 Mar 2013 11:08:39 GMT | By fyulianti, okezone.com

India Sebut Keselamatan Turis Tanggung Jawab Pribadi



India Sebut Keselamatan Turis Tanggung Jawab Pribadi

AUSTRALIA - Perwakilan luar negeri beberapa negara di dunia memberikan peringatan bagi warganya yang berwisata di India untuk ekstra berhat-hati. Namun, agen pariwisata India menolak India disebut sebagai destinasi yang berbahaya.

Perwakilan Luar Negeri Swedia, Amerika Serikat, Australia, dan Inggris memberikan peringatan pada warganya yang berada di India, terkait kasus-kasus penyerangan terhadap perempuan akhir-akhir ini di negara tersebut. Secara tak langsung, India dicap sebagai negara tidak aman, terutama untuk wisatawan perempuan.

"Tidak adil bila India disebut sebagai destinasi yang berbahaya," kata Gour Kanjilal, Direktur Eksekutif Indian Association of Tour Operators, seperti dikutip dari TheAge, Kamis (21/3/2013).

"Industri wisata adalah yang paling terkena dampaknya oleh kasus ini. Apa yang dilaporkan dalam berita sering kali tidak sesuai dengan kenyataan," bantahnya.

Menurutnya, keselamatan turis adalah tanggung jawab mereka sendiri. "Turis harusnya mengikuti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di India," ujarnya.

Pernyataannya serupa dilontarkan seorang menteri India beberapa waktu lalu ketika terjadi kasus pemerkosaan turis asal Swiss. Menurutnya, wisatawan seharusnya melapor pada polisi setempat ketika mereka pindah dari satu tempat ke tempat lain.

"Perempuan akan memilih berwisata ke Singapura atau Bali atau Thailand, dimana keamanannya terjamin," ujar Judith Jensen, turis asal Denmark.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...