Tue, 21 Feb 2012 17:06:41 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

5 Trik Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku

Bagi Anda yang ingin menjual benda-benda yang tidak lagi digunakan, mulai dari pakaian sampai alat elektronik, berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda coba.


5 Trik Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku

JUAL-beli barang bekas memang tidak semudah transaksi barang baru. Kuatir adanya kerusakan, barang cacat, hingga embel-embel aspal alias asli tapi palsu, membuat banyak orang ragu dalam memilih barang bekas.

Berbagai cara pun dapat dilakukan untuk menjual barang bekas. Garage sale, misalnya, atau memasang iklan di internet. Bagi Anda yang ingin menjual benda-benda yang tidak lagi digunakan, mulai dari pakaian sampai alat elektronik, berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda coba.

1. Gunakan foto yang meyakinkan

Saat seseorang mencari barang yang akan dibeli via online shop atau iklan di media cetak, hal pertama yang dicari ialah foto tampilan barang. Gunakan kamera yang dapat merekam gambar berkualitas baik dan hindari menggunakan kamera ponsel karena hasilnya kurang baik ketimbang kamera digital atau kamera profesional. Pilih angle yang baik sehingga foto dan produk terlihat menarik.

2. Berjualan dengan jujur

Jika produk yang Anda jual memiliki cacat atau rusak, sebutkan secara gambling dalam iklan Anda. Jangan sampai konsumen kecewa dan merasa tertipu dengan kredibilitas Anda sebagai penjual. Sertakan pula foto bagian produk yang rusak dan sebutkan solusi apa yang dapat dilakukan calon pembeli untuk menyiasati kerusakan ini.

3. Survey harga

Harga barang bekas tidak sama seperti barang baru yang harganya rata-rata nyaris sama di setiap pedagang. Sebelum menetapkan harga, ada baiknya jika Anda melakukan survey kecil-kecilan ke beberapa forum jual-beli atau iklan baris. Jika barang mengalami kerusakan, cari referensi penjual barang serupa dengan kondisi yang tidak jauh berbeda.

4. Perluas pasar

Menjual produk di satu tempat akan memperkecil kesempatan Anda dalam menggaet konsumen. Pasang iklan di beberapa tempat sekaligus agar semakin banyak orang tergiur dengan produk Anda. Tapi jangan lupa untuk mengecek iklan Anda, siapa tahu ada calon pembeli yang tergoda dengan penawaran Anda.

5. Tidak terjual? Sumbangkan saja!

Jika barang tidak juga terjual sampai maksimal tiga bulan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan rencana lain, yaitu menyumbangkan kepada siapapun yang memerlukannya.

dari Berbagai Sumber

(rere/gur)

0Komentar