Tue, 26 Mar 2013 14:00:00 GMT | By PlasaMSN, Bismo Agung
Gaucho, Tradisi Kebangsaan Kaum Nomad.

Layaknya koboi di Amerika Utara, para penggembala yang hidup nomad di dataran Patagonia, Argentina juga memiliki tradisi menjinakkan kuda liar dengan keberanian. Gaucho adalah nasionalisme para pemberani.



Previous1 of 30Next
Bagikan Galeri ini

Seorang gaucho berusaha menjinakkan kuda liar dalam perayaan Criolla yang diselenggarakan sebelum datangnya hari Paskah di Montevideo, 25/3. Pada perayaan Criola, gaucho yang berada tersebar di Brazil, Uruguay dan Argentina sengaja dating ke Montevideo untuk mengikuti tradisi menjinakkan kuda liar.

Bila di Amerika Utara, gaucho adalah seorang koboi. Banyak tersebar di kawasan Amerika Selatan, gaucho adalah sebuah tradisi bagi laki-laki penggembala. Lazimnya kaum gaucho, mereka hidup secara nomad  dan tinggal di kawasan Pampas. Kebanyakan gaucho berasal sama ada dari bangsa criollo  (rakyat Amerika Selatan yang berdarah Spanyol) atau mestizo (campuran Sepanyol dan kaum asli),  juga berdarah  Eropa dan Afrika atau berdarah campur.

Dalam sebuah nukilan puisi karya Jose Hernandez yang berjudul Martin Fierro, Jose  menggambarkan gaucho sebagai simbol tradisi kebangsaan Argentina, yang jauh lebih mulia berbanding kaum Eropa yang bergelimang korupsi.

Kaum gaucho adalah  reputasi lelaki yang gagah, pendiam, tetapi angkuh dan berupaya melakukan perlawanan  apabila diganggu. Mereka juga mirip koboi kerana gaucho cukup terkenal sebagai penunggang kuda yang mahir. Lazimnya tradisi gaucho, kuda yang dimiliki  adalah hartanya yang terpenting di dunia.

Berpakaian layaknya koboi Amerika Utara dengan menggunakan bolas (tiga kulit batu diikat bersama-sama dengan  tiga  tali kulit yang mencengkram dilengkapi dengan poncho yang digunakan sebagai selimut  peralatan tidur, satu facón (pedang pendek berdua mata), satu rebenque (cemati) selalu dibawa menjadi ciri khas dari gaucho.

Setiap gaucho memiliki keahlian dalam menaklukkan kuda liar yang di dapat dari padang rumput di kawasan Patagonia, bermodal keberanian mereka nekat menunggang kuda yang sulit untuk dijinakkan. Bagi para koboi latin, jatuh dan dihajar oleh kuda itu sudah biasa, terkadang luka yang terdapat di tubuhnya menjadi kebanggan bagi mereka yang bernyali.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft