Thu, 20 Dec 2012 14:27:04 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

10 Video YouTube yang Paling Banyak Disaksikan di 2012

Di penghujung tahun 2012, YouTube menyusun daftar 10 video yang paling banyak disaksikan sepanjang tahun.


10 Video YouTube yang Paling Banyak Disaksikan di 2012

SETIAP menit ada puluhan, bahkan ratusan video diunggah di YouTube dengan total durasi 72 jam.

Hal ini membuat persaingan meraih penonton semakin ketat. YouTube tak hanya dipandang sebagai situs video saja, namun juga memberi dampak psikologis yang cukup kuat, baik bagi penontonnya maupun pengunggah video.

Dr Greg Downey, pakar antropologi dari Macquarie University menyebutkan, YouTube telah mengubah cara manusia dalam berbagi cerita.

“YouTube telah mengubah keseluruhan genre video, yang dulu hanya dapat kita saksikan di televisi atau di bioskop. Sekarang Anda dapat memilih sendiri video yang akan disaksikan,” ujarnya seperti dikutip Yahoo Australia.

Downey menambahkan, YouTube juga menjadi media promosi bagi para musisi, tak peduli dari mana asal mereka. Downey mengambil contoh video “Gangnam Style” dari PSY.

“Gangnam Style bukan suatu ‘masterpiece’ musikal, juga bukan lagu paling ngetop sepanjang masa. Lagu ini hanya muncul di waktu dan tempat yang tepat, dimana sudah tersedia banyak media untuk berbagi kreasi, seperti YouTube,” pungkasnya.

Di penghujung tahun 2012, YouTube menyusun daftar 10 video yang paling banyak disaksikan sepanjang tahun. YouTube bahkan membuat sebuah video berjudul “Rewind YouTube Style 2012” yang didedikasikan bagi para pencetak sensasi di tahun 2012. Berikut ini daftar lengkapnya, serta perolehan berapa kali video ini disaksikan terhitung hingga berita ini ditulis.

{youtube}iCkYw3cRwLo{/youtube}

1. Gangnam Style – PSY (988.098.600)Penyanyi asal Korea, PSY, menggebrak dunia musik lewat hitsnya, “Gangnam Style”. Musiknya yang menghentak dan tariannya yang menjadi ciri khas memberi warna baru dalam industri musik. Tak hanya menjadi video paling banyak disaksikan di tahun 2012, “Gangnam Style” juga menjadi video paling banyak disaksikan sepanjang sejarah YouTube.

{youtube}9bZkp7q19f0 {/youtube}

2. Somebody That I Used to Know – Walk Off the Earth (141.530.705)Siapa bilang gitar hanya dapat dimainkan oleh satu orang? Walk Off the Earth membuat banyak orang tercengang oleh konsep “5 people, 1 guitar” yang mereka usung. Kelima sahabat ini membawakan lagu daur ulang milik Gotye sambil memetik gitar yang dimainkan bersama-sama.{youtube}d9NF2edxy-M{/youtube}

3. KONY 2012 (95.168.697)Video ini dibuat untuk memenjarakan Joseph Kony, pemimpin gerakan pemberontak Lord’s Resistance Army (LRA) yang bergerilya di kawasan Uganda, Kongo dan Sudan. Kony diketahui menculik anak di bawah umur untuk dijadikan sebagai tentara. Anak-anak korban penculikan inilah yang menginspirasi gerakan Invisible Children yang membuat video KONY 2012.{youtube}Y4MnpzG5Sqc{/youtube}

4. Call Me Maybe – Justin Bieber, Selena Gomez, Ashley Tisdale, dll (55.738.596)Lagu “Call Me Maybe” dari Carly Rae Jepsen ditiru banyak orang yang membuat video lipsync dengan gerakan-gerakan lucu. Tak hanya orang biasa, para selebritis pun ikut membuat video lipsync dengan latar lagu ini, termasuk para artis muda seperti Justin Bieber, Selena Gomez, Ashley Tisdale dan sejumlah kawan mereka.

{youtube}AsBsBU3vn6M{/youtube}

5. Epic Rap Battles – Obama vs Romney (46.593.711)Video ini mengundang banyak perhatian karena menampilkan duel rap antara Barack Obama dan Mitt Romney yang saat video ini diunggah tengah bersaing meraih posisi orang nomor satu di Amerika Serikat. Tentu saja bukan Obama dan Romney betulan yang nongol di video ini melainkan hanya aktor yang mirip.

{youtube}dX_1B0w7Hzc{/youtube}

6. A Dramatic Surprise on A Quiet Square (40.504.861)Apa yang akan Anda lakukan saat melihat tombol misterius di tengah jalan? Hati-hati jangan sembarangan menyentuhnya, karena Anda tidak akan tahu kejutan apa yang akan terjadi. Seperti dalam video ini, yang ternyata alat promosi sebuah stasiun televisi.

{youtube}316AzLYfAzw{/youtube}

7. Why You Asking All Them Questions (40.162.100)Cuma video tentang dua orang pria makan pizza? Hmmm… tidak juga. Perhatikan percakapan keduanya baik-baik, karena mereka memberi pelajaran hidup yang berarti di sana.

{youtube}gwUX4cSwrRk{/youtube}

8. Dubstep Violin – Lindsay Sterling – Crystallize (39.670.404)Apa jadinya jika alat musik biola dimainkan dengan iringan musik dubstep? Suasana kontras antara keduanya berhasil dipadukan dengan apik oleh Lindsay Sterling.

{youtube}aHjpOzsQ9YI{/youtube}

9. Facebook Parenting: For the Troubled Teen (35.965.132)Tommy Jordan kaget melihat tulisan anaknya di Facebook yang kesal karena selalu diminta mengerjakan pekerjaan rumah. Video ini menjadi respon bagi posting sang anak di Facebook. Di akhir video, Jordan menembak laptop yang biasa digunakan anaknya untuk mengakses Facebook.{youtube}kl1ujzRidmU{/youtube}

10. Felix Baumgartner’s Supersonic Freefall from 128k – Mission Highlights (31.052.148)Video streaming mengenai aksi nekat Felix Baumgartner yang loncat dari ketinggian 128.000 kaki. Saat video ini disiarkan secara langsung, ada lebih dari delapan juta orang yang menyaksikan.

{youtube}FHtvDA0W34I{/youtube}

(rere/ade)

0Komentar

berita lainnya