Sat, 11 Aug 2012 23:14:15 GMT | By Editor Binsar Hutapea, tabloidbintang.com

Membuat Ponsel/Tablet Layar Sentuh Panjang Umur

Nyaris semua ponsel/tablet ataupun tablet yang kini beredar menggunakan teknologi layar sentuh (touch screen).


Membuat Ponsel/Tablet Layar Sentuh Panjang Umur

Nyaris semua ponsel/tablet ataupun tablet yang kini beredar menggunakan teknologi layar sentuh (touch screen).

Penggunaan layar sentuh amat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan ponsel/tabletnya. Dengan teknologi ini, tak perlu repot-repot lagi memencet keypad. Tinggal sentuh layar, ponsel/tablet pun sudah bisa dioperasikan.

Sayangnya, di balik kecanggihannya, teknologi layar sentuh sangat ringkih. Layarnya sangat sensitif, sehingga mudah rusak jika tidak hati-hati dalam merawatnya. Nah, berikut adalah tip cara menjaga dan merawat layar sentuh agar tak cepat rusak.

1. Gunakan Screen ProtectorScreen protector adalah aksesori berupa plastik pelindung transparan yang dipasang di layar ponsel/tablet atau tablet. Fungsi screen protector sangat penting yaitu melindungi layar dari goresan pena stylus, tangan, maupun benda tumpul lainnya. Layar pelindung juga berfungsi untuk melindungi layar LCD dari debu dan terpaan matahari. Jika screen protector sudah rusak, lekas ganti dengan yang baru. Lebih baik mengganti secepat mungkin daripada harus menanggung rusaknya layar sentuh ponsel/tablet.

2. Jangan Tekan Terlalu Keras Ponsel/tablet touchscreen dilengkapi dengan layar yang sangat sensitif dengan sentuhan, sehingga tanpa menekan terlalu keras pun ponsel/tablet sudah dapat mendeteksi sentuhan itu. Sentuhan yang terlalu keras bakal berpotensi merusak layar ponsel/tablet atau tablet. Cukup sentuh layar ponsel/tablet atau tablet seperlunya saja.

3. Jangan Menaruh Ponsel/Tablet di SakuJangan sekali-sekali menaruh ponsel/tablet di saku baju, celana yang ketat ataupun tempat-tempat lain yang berpotensi mengancam kerusakan layar ponsel/tablet. Kalaupun ingin memasukkan ponsel/tablet ke dalam kantung celana, gunakan hardcase atau pelindung untuk mencegah terjadinya tekanan yang terlalu keras pada saat ponsel/tablet dimasukkan ke dalam saku. Jangan langsung dimasukkan ke dalam saku, untuk menghindari sentuhan dengan benda lain yang membahayakan.

4. Rutin Bersihkan LayarBersihkan layar menggunakan benda lembut, seperti kain untuk membersihkan kacamata, dan akan lebih baik lagi bila mememakai lap berbahan micro fiber (serat mikro), karena ini akan mengangkat kotoran atau debu yang menempel pada layar. Lakukan aksi bersih-bersih ini secara rutin.

5. Hindari Medan Magnet, Sinar Matahari, dan Suhu TinggiJauhkan ponsel/tablet dari benda-benda yang mengandung magnet seperti televisi, speaker, atau tas yang ada magnetnya. Karena magnet berpeluang merusak kinerja ponsel/tablet. Jauhkan pula ponsel/tablet dari pancaran sinar matahari secara langsung, karena layar bersifat liquid, yang bila lama terkena sinar matahari akan mempengaruhi kualitas LCD. Jauhkan pula ponsel/tablet dari suhu yang terlalu tinggi seperti kompor, microwave, mesin mobil atau mesin yang panas lainnya.

bin/berbagai sumber

(adm)

0Komentar

berita lainnya