okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 12 Oct 2011 11:48:30 GMT | By tuty, okezone.com

Cantik dalam Balutan Dekorasi Dinding



Cantik dalam Balutan Dekorasi Dinding

MENARUH hiasan dinding bukan sekadar memasangnya. Untuk menyelaraskan tampilan, Anda perlu melihat sekeliling ruangan terlebih dulu sebelum aksesori itu mantap terpasang di dinding rumah.

Fungsi hiasan dinding sangat beragam. Yang paling pokok adalah fungsi estetika. Contohnya saja lukisan. Karya seni yang memiliki banyak arti ini dapat memunculkan nuansa baru atau berbeda pada ruangan.Belum lagi aksesori lain yang harganya lebih murah. Kalau ditata secara tepat, bisa juga menciptakan keindahan tersendiri di dalam hunian.

Aksesori dinding dapat pula difungsikan sebagai alternatif desain untuk sebuah ruangan. Misalkan untuk menutupi kesan hampa dan curam pada tembok yang tingginya di atas tiga meter. Masalah seperti ini biasanya ditemui di rumah yang menggunakan void, yang dapat dipasangi hiasan dinding berbentuk panjang atau beberapa hiasan dinding yang dipasang berbaris secara vertikal.

"Hiasan dinding juga bisa dipakai untuk menutupi lapisan cat dinding yang mulai mengelupas atau bagian dinding yang bermasalah. Itu kalau Anda belum mau mengecat ulang dinding dalam jangka waktu cukup lama," kata arsitek Wisnu Brata.

Wisnu menyebutkan, semua ruang di dalam rumah bisa saja dihiasi dengan hiasan dinding, mulai ruang tamu hingga kamar mandi. Namun, tentu saja untuk masing-masing ruang harus dipilih hiasan yang sesuai dengan fungsi ruang tersebut. Hal yang harus diingat adalah perlu adanya keselarasan antara hiasan dinding dan tonewarna atau gaya ruangan.

Meski demikian, yang harus diingat pula,tidak semua benda dapat dipajang di ruang tertentu. Ambil contoh di dapur,ada baiknya Anda tidak meletakkan dekorasi seperti selendang dari Tana Toraja ataupun batik di sana. Pilihan tersebut dilarang karena sisa masakan dan asap dapur dapat merusak dekorasi selendang tersebut.Hal yang sama juga diterapkan di kamar mandi. Alangkah lebih baik kalau untuk ruangan ini dipilihkan aksesori yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap kondisi lembap.

Anda jangan langsung berkecil hati jika tidak memiliki lukisan hasil karya pelukis ternama, seperti Picasso, yang harganya pasti selangit. Masih ada banyak benda yang dapat dipilih untuk dijadikan dekorasi dinding yang unik dan elegan. Sebagai ganti, Anda boleh saja memajang foto diri Anda bersama keluarga. Jangan remehkan hiasan foto di dinding. Selain sebagai aksesori, jenis hiasan ini juga bisa menambah kedekatan Anda dengan keluarga.

Bukan hanya foto keluarga, kalender cantik pun bisa dijadikan aksesori sederhana penghias dinding kosong di rumah. Gambar indah yang terangkai dalam kalender bisa menjadi inspirasi lukisan sederhana. Anda dapat membingkai gambar yang terdapat di kalender, maka lukisan instan pun langsung siap menghiasi dinding ruangan Anda.

"Aksesori penghias dinding tidak hanya terpaku pada lukisan. Beragam barang koleksi bisa menjadi dekorasi dinding, misalnya gantungan kunci. Untuk aksesori seperti ini, lebih baik menggunakan pigura yang cekung ke dalam," papar Wisnu.

Dengan cara seperti ini, Anda tidak perlu repot menyediakan tempat khusus untuk barang koleksi yang berserakan. Selain rapi, barang koleksi pun bisa menjadi penghias dinding yang cantik dan berwarna. Satu lagi yang tidak kalah penting untuk dekorasi dinding, yaitu pigura. Benda yang satu ini mampu memengaruhi penampilan hiasan yang akan dipajang. Jika Anda salah pilih, lukisan sekelas maestro sekalipun akan kehilangan daya tariknya. Namun, sebaliknya, poster yang biasa saja justru bisa terlihat mahal dan berkelas bila dibalut dengan pigura yang pas.

Hal tersebut dituturkan oleh salah seorang seniman lukis "Bali Art"I Gede Kusuma. Tampilan pigura sangat memengaruhi kualitas lukisan. Misalkan jenis lukisan bergaya abstrak, akan lebih pas jika dibalut pigura minimalis berwarna hitam. Pasalnya, gaya lukisan abstrak cenderung menggunakan warna-warna cerah. Jadi, penggunaan pigura minimalis berwarna hitam bisa menjadi penyelaras yang pas.

Selain itu, pilihan pigura sangat berkaitan dengan tema interior ruangan atau rumah secara keseluruhan. Bila Anda salah dalam menentukan gaya pigura yang hendak dipakai, maka akan memengaruhi tampilan di dalam ruangan. Tentu hal ini tidak sedap dipandang. Kalau ruangan Anda berinterior modern dan full warna, lebih baik bila menggunakan pigura kayu antik.

Kebanyakan orang sangat meremehkan proses pemasangan hiasan dinding. Ambil contoh, pemilik rumah kerap menggantung lukisan setinggi mungkin. Padahal, posisi ideal untuk menggantungkan sebuah lukisan adalah setinggi pandangan mata rata-rata orang dewasa, atau kurang lebih 1,5-1,7 meter dari permukaan lantai.

"Jika menggantung hiasan tepat di atas sofa atau furnitur lain, sebaiknya pilih hiasan yang lebarnya kurang lebih dua pertiga dari lebar sofa," kata Wisnu.

0Komentar

video gaya hidup

more...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft